FOTO PEJABAT STRUKTURAL

KEGIATAN KERJA LAPAS KLAS IIA MAROS




 Seperti yang telah diketahui bahwa di dalam Lembaga Pemasyarakatan maupun Rumah Tahanan Negara terdapat 2 jenis kegiatan Pembinaan, yaitu Pembinaan Kepribadian dan Pembinaan Kemandirian. Kegiatan Pembinaan Kemandirian pada setiap LAPAS/RUTAN mempunyai khasnya masing masing dan beragam kegiatan ketrampilan.

Diberikannya Kegiatan Pembinaan Kemandirian dimaksudkan agar Warga Binaan Pemasyarakatan setelah menjalani Pembinaannya mampu mempunyai ketrampilan agar mampu menghidupi dirinya dan keluarganya, oleh karena itu diwajibkan warga binaan untyuk mengikuti kegiatan tersebut.

Namun tidak dipungkiri bahwa kegiatan tersebut kadangkala tidak berjalan mulus, banyak kendala dalam pelaksanaannya walaupun sering dinyatakan sebagai suatu yang klasik, dan memang sebenarnya hal itu menjadi kendala sehari hari. Kendala kendala tersebut diantaranya  :
  1.  Tidak tersediannya Tempat/gedung untuk kegiatan
  2. Sarana Prasara yang tidak memadai
  3. Modal Kerja yang tidak mencukupi
  4. Tenaga Profesional yang menangani. 
  5. Kondisi Kemanan
  6. Sulitnya Pemasaran
  7. Ketidak seriusan petugas yang menanganinya.
Di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Maros kegiatan Pembinaan Kemandirian cukup banyak namun pelaksanaannya tidak konsisten cenderung asal jalan saja, kegiatan kegiatan tersebut antara lain  :
  1. Perternakan
  2. Perkebunan
  3. Pembuatan Pot/Paping Blok
  4. Pengelasan
  5. Pertukangan Kayu
  6. Pembuatan Kerajinan tangan dari bekas Kertas Koran dan serbuk gergaji








 Kreatifitas anak-anak WBP Lapas Klas IIA Maros cukup tinggi, pimpinan sudah mengupayakan sedemikian rupa agar WBP dapat mengembangkan kreatifitasnya.
Disamping itu juga masih terus diupayakan melakukan pendekatan dengan pemerintah Daerah Kab. Maros untuk ikut membantu dan berpartisipasi dalam mengembangkan Kegiatan Kerja di Lapas Klas IIA Maros.
(ESN/6/2/2014)




Posting Komentar

0 Komentar